Rpp_Game and Song_Things in The Bedroom2

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN

 

 

Nama Sekolah             : SDN Tadika Mesra III

Mata Pelajaran            : Bahasa Inggris

Kelas/semester            : 2/I

Standar Kompetensi     : 3. Menyebutkan dan menghafal berbagai macam benda menggunakan  bahasa inggris

Pemecahan masalah

Kompetensi Dasar        : 3.1 Menyebutkan dan menghafal benda di dalam kamar tidur menggunakan bahasa inggris yang baik dan benar

Alokasi Waktu            : 1 x 35 Menit

Metode                        : Bernyanyi dan Bermain

  1. I.     Indikator

Kognetif Produk

Menyebutkan benda di dalam kamar tidur dengan pengucapan yang benar

Proses

Menyanyikan sebuah lagu bersama-sama yang terdapat banyak kata-kata benda yang berada di dalam kamar tidur di dalam lirik lagu tersebut

Psikomotor

Menyebutkan dan menghafal kata benda menggunakan bahasa inggris

Afektif

Ketrampilan Sosial :  kekompakan

Karakter : teliti, cermat, disiplin

II. Tujuan Pembelajaran

Kognetif Produk

Setelah dapat menyebutkan benda di kamar tidur, siswa dapat menghafal dengan baik dan benar benda-benda tersebut

 

Proses

Setelah menyanyikan lagu bersama dan bermain game siswa dapat menyebutkan dengan dan menghafal benda di dalam kamar tidur menggunakan bahasa inggris dengan pengucapan yang baik dan benar

Psikomotor

Setelah menghafal benda di dalam kamar tidur menggunakan bahasa inggris siswa dapat menyebutkan macam-macam benda tersebut dengan cerdas dan cermat

Afektif

–          Dengan terlibat aktif dalam pembelajaran siswa dapat menjalin kekompakan saat menyanyikan sebuah lagu yang berkaitan dengan benda di dalam kamar tidur

–          Dengan terlibat aktif dalam pembelajaran siswa cerdas dan cermat menyebutkan benda-benda tersebut

–          Dengan terlibat aktif dalam pembelajaran siswa serius dalam menghafal kata benda

–          Dengan terlibat aktif dalam pembelajaran siswa disiplin dalam menghafal banyak kata benda secara mandiri

  1. III.   Materi Pembelajaran

Things in The Bedroom

1V. Metode Pembelajaran

Model pembelajaran : langsung

Metode pembelajaran; Ceramah, Game, dan Song

Kegiatan Pembelajaran

Kegiatan awal 5 menit

  1. Pertemuan dibuka dengan salam
  2. Doa’bersama dalam hati
  3. Menciptakan suasana belajar yang kondusif, siswa di beri beberapa pertanyaan untuk menyebutkan beberapa benda di dalam kamar tidur
  4. Sebagai bahan apersepsi siswa diminta menyebutkan dalam bahasa inggris benda di dalam kamar tidur menggunakan alat peraga berupa gambar
  5. Menyampaikan tujuan  pembelajaran yang akan dicapai hari ini

Kegiatan inti 25 menit

  1. Guru membagikan lembaran teks lirik lagu untuk di nyanyikan bersama
  2. Siswa di minta menyanyikan bersama sebuah lagu yang berkaitan dengan benda di kamar tidur

-Song-

I do love my bedroom

I can put many things

I want put a bed, that can save me when sleep

I want put a mirror, that big and so clean

I want put a frame

To put my own picture.

(asal lagu Dua Mata Saya)

  1. Siswa di ajak untuk memainkan sebuah game
  2. Guru memberikan penjelasan singkat bagaimana memainkan game
  3. Kesimpulan

Kegiatan akhir 5 menit

  1. Guru memberi penilaian terhadap permainan game
  2. Memberi nasehat dan menutup pelajaran dengan salam
  1. V.      Sumber Belajar/Alat
  2. Silabus
  3. Karton
  4. Dadu
  5. Kucu
  6. Alat tulis
  1. IV.   Penilaian

Tehnik penilaian : Praktek di depan kelas

Bentuk penilaian  :

No. Kriteria Skor
1. * A (Amat baik)

* B (Baik)

* C (Cukup)

* D (Kurang)

4

3

2

1

Lembar penilaian :

NO

Nama

Game

Song

Kecermatan

Pelafalan

Ekspresi

Pelafalan

Intonasi

 

 

 

 

 

 

 

CATATAN :

@   Nilai = ( Jumlah skor : jumlah skor maksimal ) X 10.

@ Untuk siswa yang tidak memenuhi syarat penilaian KKM maka diadakan Remedial.

                                                                                                 PAMEKASAN, 2012.

Mengetahui                                                                              

  Dosen Pembimbing                                               Mahasiswa

 

 

  xxxxxxxxxxxxxxxxxxxx                                 BAHRON FIRMANSYAH

  NIP.                                                                       NPM.11.88203.1003

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s