RPP_Game and Song_Things in The Bedroom

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN

( RPP )

Sekolah                         :   SDN Tadika Mesra I

Mata Pelajaran            :   Bahasa Inggris

Materi Pokok                :   Things in The Bedroom

Kelas/Semester             :   II/ 1

Waktu                           :   2 x 35 menit

Metode                          :   Bernyanyi dan Bermain

Standar Kompetensi   :

5. Memahami dan dapat menghafal benda-benda yang ada di dalam kamar tidur menggunakan Bahasa Inggris

  1. A.     Kompetensi Dasar

5.1 Mengenal, menyebutkan dan menghafal benda-benda yang berada di dalam kamar tidur dengan benar dan cermat.

  1. B.     Tujuan Pembelajaran**:
  • Siswa dapat Mengingat dengan baik benda-benda di dalam kamar tidur dengan baik.

& Karakter siswa yang diharapkan :    Disiplin( Discipline ), Rasa hormat dan perhatian( respect ), Tekun( diligence ), Tanggung jawab( responsibility ), Dan Ketelitian( carefulness)

  1. C.     Materi Essensial
  • Menyanyikan sebuah lagu yang berkaitan dengan benda-benda yang berada di dalam kamar tidur:
  • Bermain game fun yang berkaitan gengan benda-benda yang berada di dalam kamar tidur:
  1. D.    Metode : Bernyanyi dan Bermain
  1. E.     Media Belajar
  • Karton bergambar
  • Dadu
  • Kucu
  • Alat tulis
  1. F.      Rincian Kegiatan Pembelajaran Siswa

Pertemuan ke-1

  1. Pendahuluan
  • Apersepsi  dan Motivasi :
    • Menyampaikan Indikator Pencapaian Kompetensi dan kompetensi yang diharapkan
  1. Kegiatan Inti

& jEksplorasi

Dalam kegiatan eksplorasi, guru:

  • Siswa dapat menyebutkan benda di dalam kamar tidur.
  • Menyanyikan lagu yang berkaitan dengan benda-benda yang ada di dalam kamar tidur.
  • Bermain bersama sebuah Game mengenai benda-benda di dalam kamar tidur.
  • Melibatkan peserta didik secara aktif dalam setiap kegiatan pembelajaran; dan
  • Memfasilitasi peserta didik dalam bernyanyi bersama dan bermain game.

 

& Elaborasi

Dalam kegiatan elaborasi, guru:

  • membiasakan peserta didik menyebutkan benda-benda di dalam kamar tidur menggunakan bahasa inggris;
  • memfasilitasi peserta didik melalui pemberian teks lagu, untuk membantu mengingat benda-benda di dalam kamar tidur;
  • memberi kesempatan untuk berpikir menggunakan game, kemudian menyebutkan benda-benda di dalam kamar tidur menggunakan bahasa inggris;
  • Melakukan kegiatan

& Konfirmasi

Dalam kegiatan konfirmasi, guru:

  • Guru bertanya jawab tentang hal-hal yang belum diketahui siswa
  • Guru bersama siswa bertanya jawab meluruskan kesalahan pemahaman,
  • memberikan penguatan  dan penyimpulan
  • Memberikan kesimpulan bahwa
  1. Penutup

–       Magnet dapat menarik benda-benda yang terbuat dari logam tertentu

–       Pekerjaan Rumah

  1. G.    Penilaian:

 

 

Indikator Pencapaian Kompetensi

Teknik Penilaian

Bentuk Instrumen

Instrumen/ Soal

Mengenal, menyebutkan dan menghafal benda-benda yang berada di dalam kamar tidur dengan benar dan cermat. Tugas Individu dan Kelompok Laporan dan unjuk kerja

Uraian Objektif

  • Benda apa saja yang berada di dalam kamar tidur.

 

 

 

 

FORMAT KRITERIA PENILAIAN      

Produk ( hasil diskusi )

No. Aspek Kriteria Skor
1. Konsep * A (Amat baik)

* B (Baik)

* C (Cukup)

* D (Kurang)

4

3

2

1

 

Performansi

No. Aspek Kriteria Skor
1.

2.

3.

Pengetahuan

Praktek

Sikap

* Pengetahuan

* kadang-kadang Pengetahuan

* tidak Pengetahuan

* aktif  melakukan Praktek

* kadang-kadang aktif

* tidak aktif

* Sikap

* kadang-kadang Sikap

* tidak Sikap

3

2

1

3

2

1

3

2

1

&   LEMBAR PENILAIAN

NO

Nama

Game

Song

Kecermatan

Pelafalan

Ekspresi

Pelafalan

Intonasi

 

 

 

 

 

 

 

CATATAN :

@   Nilai = ( Jumlah skor : jumlah skor maksimal ) X 10.

@ Untuk siswa yang tidak memenuhi syarat penilaian KKM maka diadakan Remedial.

 

                                                                                       

                                                                                        PAMEKASAN, 2012.

Mengetahui                                                                              

  Dosen Pembimbing                                               Mahasiswa

 

 

  xxxxxxxxxxxxxxx                                            BAHRON FIRMANSYAH

  NIP.                                                                       NPM.11.88203.1003

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s